Oleh: Ferdinan Sihombing, S.Kep., Ners, M.Kep | 16 Maret 2010

Gunakan sendok takar obat


Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu pengobatan adalah “dosis”. Secara sederhana, dosis yang berlebihan (overdose) akan berbahaya karena menimbulkan efek samping tertentu, sebaliknya dosis yang kurang (underdose) juga akan mengakibatkan tujuan pengobatan tidak tercapai.
Penggunaan sendok teh atau makan sebagai alat pemberian obat dalam bentuk cair, merupakan salah satu penyebab ketidakakuratan jumlah obat yang masuk dalam tubuh kita. Over ataupun under dose bisa terjadi karenanya.
Topik ini menjadi salah satu artikel yang dimuat di jurnal Annals of Internal Medicine dan menjadi salah satu topik yang dibahas di Medscape dalam bentuk video commentary. (bisa dilihat di http://www.medscape .com/viewarticle /715862?)
Jadi, gunakanlah sendok takar yang ada dalam kemasan. Jika tidak ada, anda punya hak untuk memintanya pada apotek atau tempat pelayanan kesehatan lain tempat anda memperoleh obat tersebut.
Semoga bermanfaat

(di-copy dengan ijin penulis yaitu Ibu Yeni Hendriani Iskandar dari http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150146969490564&comments#!/profile.php?v=feed&story_fbid=381183302016&id=1671488186)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: