Oleh: Ferdinan Sihombing, S.Kep., Ners, M.Kep | 16 Maret 2010

Arti Teman


Arti Teman

Kuintip profile teman-teman di FB, waduh….friends-nya itu bo… bisa lebih dari 200-an bahkan ada yang mencapai 4000-an lebih… its amazing… and then I’m thinking what is a friend’s meaning?.

Manusia adalah homo socius artinya makhluk yang akan bermakna jika ada teman/kawan. Sedangkan arti teman menurut ahli psikologi perkembangan dibedakan menjadi 2 fase perkembangan status sosial anak-anak dan dewasa.
1. Pada orang dewasa, teman adalah suatu ikatan relasi dengan orang lain, dimana kepercayaan, pengertian, pengorbanan dan saling membantu satu sama lainnya akan terjalin dalam periode yang lama.
2. Pada anak-anak pertemanan terjalin tidak untuk waktu yang lama, terkadang bila terjadi masalah yang kecil saja, jalinan tersebut akan terputus tanpa makna apa2. Just that its.
Teman itu mempunyai makna yang dalam yang memiliki kualitas sikap hidup lebih tinggi dari pada seseorang yang dicintai (lover). Di dalam kebudayaan Indonesia umumnya orang yang kita kenal atau bahkan baru dikenal, kita menyebutnya sebagai teman. Namun tidak demikian halnya dengan kebudayaan Barat, teman atau friend memiliki kualitas-kualitas tertentu. Bahkan esensi kata teman lebih kuat dari pada orang yang dicintai (lover) menurut dramawan Inggris Oscar Wilde “Love is all very well in its way, but friendship is much higher”
Menurut sejarah, perkembangan kata teman (friend) yang awalnya adalah yang dicintai atau lover, dalam bahasa Yunani adalah philos dan phile (kata kerja) artinya mencintai.
Kata ini sama dengan kata Old Inggris fr on, yang di kemudian berubah menjadi friend.
Kemudian kata ini berkembang di Jerman dengan istilah *frithu-, yang artinya damai atau peace atau pembuat kedamaian. Karena itulah maka tidak heran muncul nama Frederick. Dalam kepercayaan kuno Jerman istilah frithu- itu berhubungan dengan dewi Frigg yaitu dewi cinta yang konon katanya kemunculannya selalu pada hari Jumat atau Friday. Maka berbahagialah bagi anda yang lahir pada hari Jumat dan sekaligus bernama Jumat atau Frigg/Frederick dsb. karena itu berarti anda dilahirkan sebagai pembawai damai dan cinta.
Beberapa kualitas (Oxford, 2008) yang muncul dalam teman atau friend adalah sebagai berikut:
a. Person whom one knows, likes, and trusts
b. A person with whom one is allied in a struggle or cause; a comrade.
c. One who supports, sympathizes with, or patronizes a group, cause, or movement:
Bisa Dipercaya
Sebagai seorang teman maka dia haruslah menjadi orang yang sungguh-sungguh dikenal, menyenangkan dan dipercaya. Dia mau mendengar keluh kesah, penderitaan, dan menyimpannya sungguh-sungguh itu menjadi bagian dan rahasia dirinya.
Berempati
Kecerdasan bentuknya sangat multidemensial. Salah satu wujud kecerdasan itu adalah kecakapan emosi yang direpresentasikan dalam bentuk kemampuan untuk berempati, mengerti atau mengambil posisi atau keadaan temannya.
Pendorong
Kualitas berikut yang harus dimiliki seorang teman adalah bahwa dia bisa berperan sebagai pendorong atau yang memeberi motivasi. Orang dikatakan motivator bila dia rela menanggung beban atau berkorban akan dirinya, investasinya baik sisi keuangan, waktu, tenaga, pikiran dan apa yang ada pada dirinya.
Teman bersifat positif demi kemajuan orang lain. Teman rela berkorban. Teman tidak menuntut dari apa yang diberikan. Teman tidak memaksa dan mengikat dalam satu ikatan formal namun memberikan jiwa pembebasan. Teman tidak merendahkan namun justru menumbuhkembangkan potensi orang lain melalui kapasitas dan investasi yang dimilikinya. Semuanya itu bagai air yang disiramkan kepada benih yang tumbuh di hati.

So it’s depends on you what is the meaning of friend for you?? .. hehehe met mikir deh…

(ditulis oleh Ibu Yeni Hendriani Iskandar dan dicopy ke dalam blog ini dari facebook atas seijin beliau)


Kategori

%d blogger menyukai ini: