Oleh: Ferdinan Sihombing, S.Kep., Ners, M.Kep | 18 Januari 2010

PERAWAT BERTANYA BAGAIMANA BILA BENAR-BENAR TERJADI IMPEACHMENT TERHADAP SBY?


Perawat yang saya maksudkan di sini adalah diri saya sendiri. Pencetusnya adalah ketika saya menyaksikan di televisi pernyataan seseorang (entah siapalah itu ya, tidak saya perhatikan betul identitas narasumber yang diwawancarai oleh reporter tv) yang mengatakan bahwa dalam kasus Bank Century baik Ibu Sri Mulyani maupun Bapak Boediono merupakan target antara. Kalaupun mereka berdua marak diminta mundur atau meletakkan jabatannya saat ini dan bila benar kemudian terjadi, sesungguhnya ada target lain yang terutama yakni impeachment terhadap Presiden SBY.

Mendengar hal tersebut (masih sambil terus melanjutkan nonton tv yang kemudian menyiarkan berita-berita yang lain) kemudian timbul suatu pertanyaan dalam benakku. Serta merta juga saya teringat dengan Bapak Gus Dur (alm.) yang juga pernah diturunkan dari kursi kepresidenan untuk kemudian diganti oleh Ibu Megawati Soekarnoputri yang ketika itu menjabat sebagai Wakil Presiden.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah bagaimana bila hal tersebut juga terjadi pada presiden kita yang sekarang ini?. Tadi dikatakan bahwa selain Ibu Sri Mulyani, Pak Boediono yang wapres pun diminta meletakkan jabatannya. Nah, kalau Pak SBY di-impeachment sehingga tergusur dari jabatannya selaku presiden, lalu siapa yang akan menggantikannya? Notabene wapres sudah tidak ada karena sudah terlebih dahulu meletakkan jabatan.

Sementara itu, semenjak UUD 1945 diamandemen dan kemudian kita menganut pemilihan presiden langsung, nyata-nyata bahwa presiden tidak lagi dipilih oleh MPR seperti halnya pada periode-periode sebelum SBY. Kalau demikian berarti akan ada pilpres lagi dong ya? Akan ada kampanye-kampanye lagi? Biaya lagi dong ya? Mahal sekali pelaksanaan demokrasi di Indonesia ini ya?😦.  Lalu siapa yang menjabat sebagai presiden yang akan memimpin negara ini hingga terpilih lagi presiden dan dilantik oleh MPR sebagai presiden yang definitif?. Lieur aku… mending tetap jadi perawat aja ah… daripada jadi politikus🙂


Responses

  1. Setahuku, jika paket pres dan wapres dilengser, presiden baru dipilih oleh MPR tetapi yang berhak mengusulkan calon adalah partai pengusung presiden sebelumnya. Coba cari di gugel deh…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: